r-c
initiaL
today : | at : | safemode : ON
Dlm hidup, kamu harus ingat: kamu lebih berani dr yg kamu duga, lebih kuat dari yg kamu tahu, dan lebih pintar dari yg kamu pikirkan.
name author perms com modified label

4 Masjid Bersejarah Di Cairo rick rwxr-xr-x 0 05.34

Filename 4 Masjid Bersejarah Di Cairo
Permission rw-r--r--
Author rick
Date and Time 05.34
Label
Action
Masjid Al-Azhar

Quote:
Masjid Al-Azhar (Arab: جامع الأزهر Gama `al-Azhar," masjid yang paling bersinar adalah sebuah masjid di Kairo Islam di Mesir. Al-Mu'izz li-Din Allah kekhalifahan Fatimiyah konstruksi ditugaskan untuk ibukota baru didirikan pada tahun 970. Namanya biasanya dianggap menyinggung nabi Islam Fatimah putri Muhammad, sosok dihormati dalam Islam yang diberi judul az-Zahra '("yang bersinar"). Ini adalah masjid pertama kali didirikan di Kairo, sebuah kota yang sejak mendapat julukan "kota seribu menara." [Nb 1]

Setelah dedikasi di 972, dan dengan perekrutan oleh otoritas masjid dari 35 ulama di 989, masjid perlahan-lahan berkembang menjadi apa yang sekarang lagi menjalankan universitas tertua kedua di dunia setelah Al Karaouine. Universitas Al-Azhar telah lama dianggap sebagai institusi terkemuka di dunia Islam untuk studi teologi Sunni dan syariah, atau hukum Islam. Universitas, yang terintegrasi di dalam masjid sebagai bagian dari sebuah sekolah masjid sejak awal, dinasionalisasi dan resmi ditunjuk sebuah universitas independen pada tahun 1961, setelah Revolusi Mesir tahun 1952.

Selama yang selama sejarah milenium-lama, masjid telah bergantian diabaikan dan sangat dihormati. Karena didirikan sebagai lembaga ʿ Isma ili, Saladin dan Sunni dinasti Ayyubiyah yang didirikan dijauhi al-Azhar, menghapus statusnya sebagai masjid jemaat dan menolak uang harian untuk siswa dan guru di sekolah tersebut. Ini bergerak dibalik bawah Kesultanan Mamluk, di bawah aturan yang banyak ekspansi dan renovasi berlangsung. Kemudian penguasa Mesir menunjukkan berbeda derajat menghormati masjid dan diberikan secara luas berbagai tingkat bantuan keuangan, baik ke sekolah dan ke pemeliharaan masjid. Hari ini, al-Azhar tetap merupakan institusi yang sangat berpengaruh dalam masyarakat Mesir dan simbol Islam Mesir.

S E J A R A H

Sejarah Universitas Al-Azhar – Al-Azhar merupakan Perguruan tinggi terbesar di dunia. Awal Mula Universitas Al-Azhar adalah dari sebuah masjid yang bernama Al-Azhar yang dibangun oleh Panglima Besar Dinasti Fathimiyah yaitu Jauhar As-Shaqaly. Masjid tersebut dibangun pada tanggal 24 Jumadil Ula tahun 359 H (April, 970 M) sebagai tempat ibadah, enam tahun kemudian tepatnya pada 365 H / 976 M. mulai dibuka kegiatan belajar-mengajar dan majlis ilmu pengetahuan bermadzhab Syi’ah Ismailiyah, sehingga 12 tahun kemudian 378H / 988 M Al-Azhar telah menjadi sebuah universitas besar dan terkanal. Dalam perjalanan sejarahnya, universitas al-azhar mengalami jatuh bangun, namun al-azhar tetap mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga islam yang sangat proaktif. Sejak mula berdirinya, study di Al-Azhar untuk semua pelajar dari seluruh dunia. Hingga kini Universitas Al-Azhar memiliki lebih dari 50 Fakultas / Jurusan yang tersebar di seluruh pelosok mesir

Mulai tahun 567 H / 1178 M. setelah berdirinya Daulah Ayyubiyah yang berorientasi ahlussunah wal-jamaah lenyaplah Dinasti Fatimiyah, bersamaan dengan itu hilang pula peranan Syi’ah di dalam universitas Al-Azhar tersebut, hingga sampai saat ini.

Pada tahun 922 H / 1517 M. Mesir berada di dalam kekuasaan Turki Utsman. Al-Azhar-pun senantiasa menjadi sentral pengembangan ilmu dan lembaga yang subur menelorkan ulama handal. Maka pada akhir kekuasaan Turki Utsmani terbentuklah sistem Masyekhakh Al-Azhar pertama, tepatnya pada tahun 1101 H / 1690 M. dan dinobatkan Syekh Al-Azhar pertama sebagai Imam agama dan panutan Ilmu pengetahuan. Sejak abad ini sistem Syekh atau Imam al-akbar merupakan ciri khusus yang digunakan dalam lembaga tersebut, bahkan dapat dikatakan suatu sistim yang mampu memelihara eksistensi Al-Azhar hingga ratusan tahun. Ada sepuluh sykeh yang berada dalam daulah ini, antara lain:

1. Syekh Imam el-Syarief Muhamad bin Abdullah Al-Kharasyi Al-Maliki.
2. Syekh Imam Ibrahim Muhammad Al-barmawi
3. Syekh Imam Muhammad al-Nasyraty Al-Maliky
4. Syekh Imam Abd el-Baqi el-Qulaeny Al-Malikiy
5. Syekh Imam Muhammad Syanan Al-Maliky
6. Syekh Imam Ibrahim Musa el-Fayoumy Al-maliky
7. Syekh Imam Abdellah Al-Syabrawi Asy syafi’i
8. Syekh Imam Muhammad Salim Al-Hifny Asy syafi’i
9. Syekh Imam Abd Raouf Muhammad el-Sujaeni Asy syafi’i
10. Syekh Imam Ahmad Abdel Monem el-damanhury


Kemudian pada akhir tahun 1220 H / 1805 M. Mesir berada di tangan Muhammad Ali. Dan Al-Azhar tetap baku menggunakan sistem Masyekhakh-nya. Selanjutnya nama-nama Imam yang menduduki kuri Masyekhakh sebagai berikut:

11. Syekh Imam Abdel-rahman Umar Al-hanafy
12. Syekh Imam Abu el-Shalah Ahmad Musa Al-Arusy Asy-syafi’i
13. Syekh Imam Abdullah el-Syarqawi Asy-syafi’i
14. Syekh Imam Muhammad al-Syanwani
15. Syekh Imam Muhammad Al-Arusy
16. Syekh Imam Ahmad Ali al-Damhuji
17. Syekh Imam Hasan Muhammad Al-’Athar
18. Syekh Imam Hasan el-Quesny
19. Syekh Imam Ahmad al-Shaim el-safty
20. Syekh Imam Ibrahim Al-bajury
21. Syekh Imam Musthafa Al-Arusy
22. Syekh Imam Muhammad al-Abbasi Al-Mahdy Al-Hanafi
23. Syekh Imam Muhammad al-Imbabi asy-Syafi’i
24. Syekh Imam Hasunah An-Nawawi Al-hanafi
25. Syekh Imam Ali Muhamad Al-Bablawi Al-Maliky
26. Syekh Imam Salim al-Bisyri Al-Maliky
27. Syekh Imam Ali Muhammad Al-Bablawi Al-Maliky (yang kedua kali)
28. Syekh Imam Abdel-rahman al-Syirbiny
29. Syekh Imam Hasunah An-Nawawi Al-hanafi (yang kedua kali)
30. Syekh Imam Salim al-Bisyri Al-Maliky (yang kedua kali)
31. Syekh Imam Muhammad Abu fadlal Al-Gizawy
32. Syekh Imam Muhammad Musthafa Al-Maragy
33. Syekh Imam Muhammad Al-Ahmady Adzawahiry
34. Syekh Imam Muhammad Musthafa Al-Maragy (yang kedua kali)
35. Syekh Imam Musthafa Abdel-Raziq
36. Syekh Imam Muhamma Ma,mun el-Syanwany
37. Syekh Imam Abdel-Majid Salim
38. Syekh Imam Ibrahim Hamrusy
39. Syekh Imam Abdel-Majid Salim (yang kedua kali)


Pada dua kepemimpinan belakangan ini Mesir tengah mengalami kegoncangan politik besar-besaran, sebagai periode baru menuju Mesir Modern, ditandai dengan terjadinya “revolusi juli 1952 M” yaitu penggulingan Gamal Abdul Naser terhadap raja Faruq “Dinasty Kheidio 10”, sekaligus peralihan sistim kerajaan kepada republik sekaligus pengembalian ibukota dari Iskandariah ke Kairo. Adapun sistem Masyekhakh Al-Azhar terus berlangsung dengan gemilang. Yaitu:

40. Syekh Imam Muhammad Al-Hadlr Husein
41. Syekh Imam Abdel Rahman Taj.
42. Syekh Imam Mahmud Syaltut
43. Syekh Imam Hasan Ma,mun
44. Syekh Imam Muhammad Al-fahhaam
45. Syekh Imam
46. Syekh Imam Gad el-haq Ali Gad el-Haq
47. Syekh Imam Muhammad Sayyed Thantahwi


Berikut Gambar Dan Video Masjid Al-Azhar Cairo




Masjid Sultan Hassan

Terdiri dari pembangunan sebuah masjid dan sebuah sekolah untuk semua doktrin dari empat sekolah ( Syafi'i dan Hanafi , Maliki dan Hambali )

S E J A R A H

Didirikan masjid Sultan Hassan bin al-Nasir Muhammad . Konstruksi dimulai tahun 1356 M dan selesai setelah tujuh tahun 1363 . Sultan tewas sebelum akhir konstruksi belum ditemukan di tubuhnya, dikuburkan di makam, yang khusus dibangun di masjid, tetapi dikubur di dalamnya, dan dua anak kemudian. Masjid dan Madrasah Sultan Hassan AH 757-764 ( 1356 - 1363 ). Didirikan Masjid Agung Sultan Muhammad Hassan ibn al-Qalawun Crown daya Nasir di 748 AH ( 1347 ) setelah saudaranya, Malik al-Muzaffar Haji pada usia tiga belas tahun dan tidak di raja memerintahkan apa-apa untuk usia muda, tapi hal itu, bagaimanapun, pangeran, dan segera mencapai akal sehatnya Vceft hidupnya dan dia menjadi Raja ditangkap pada tahun 752 H ( 1351 ) tetap di kamp penahanan dalam bisnis ilmu sampai ia kembali ke Kesultanan lagi pada 755 H ( 1354 ) telah duduk bersila dalam hegemoni politik yang terbunuh di 762 AH ( 1361 ).

Hal itu mulai membangun masjid ini adalah 757 tahun AH lama ( 1356 ) dan dilanjutkan selama tiga tahun tanpa interupsi dan Sultan meninggal sebelum dibangun, lengkap setelah salah satu pangeran - Aljmadar Bashir - tahun 764 H ( 1363 ).

Ini benar-benar masjid Mamluk terbesar masjid dan yang koleksi berselingkuh antara besarnya konstruksi dan Jalal Teknik, dan memenuhi ketepatan industri dan keragaman dekorasi, sebagaimana yang dikumpulkan oleh berbagai seni dan industri, kami percaya keakuratan pengeboran ke batu diwakili dalam dekorasi pintu masuk dan Mqrnsath Quran.

Dan fleksibilitas industri marmer, diwakili oleh kubah dan Bank selama iwan kiblat dan Mihrabehma bangku Alrkhamyin dan mimbar dan jumlah dan menutupi empat pintu masuk sekolah dan pengawas pintu hidangan Mzrrat seperti yang terlihat di ambang keakuratan industri Arab dan pertukangan divaksinasi kursi Polyphonic terletak di kubah Surat.

Pintu perunggu dari senyawa masjid sekarang pada pintu mesjid dianggap sebagai contoh yang sangat baik pro ke pintu tembaga-berpakaian yang paling indah Ditempa dalam bentuk bentuk geometris, antara yang diukir kemasan dan motif lingkaran menit. Apa yang dikatakan tentang bagian ini dikatakan dari pintu mimbar.

Ada Portal di pintu kubah tetap Kvtaat Hacoath Tembaga-disepuh dengan emas dan perak pada bentuk dan tubuh Biqnaana dekoratif yang indah layak kebesaran dari apa yang selaras ke masjid ini adalah sebuah karya seni dan apa yang dihabiskan dalam proses banyak uang.

Apakah penuh dengan karya seni di masjid ini, membungkus diriku dalam segala bahwa tidak ada perbedaan antara lilin kuningan dan rumah Almckawat kaca mempertahankan Antiquities Arab di Kairo, banyak dari karya-karya langka seni yang dianggap paling akurat dan paling indah-keputusan di era ini.

Berikut Gambar Dan Video Masjid Sultan Hassan

Masjid Ibn Tulun
Masjid Ahmad Ibn Tulun (bahasa Arab: مسجد أحمد بن طولون) terletak di Kairo, Mesir. Hal ini bisa dibilang masjid tertua di kota bertahan dalam bentuk aslinya, dan merupakan masjid terbesar di Kairo dalam hal luas lahan.

Masjid ditugaskan oleh Ahmad ibn Tulun, gubernur Mesir Abbassid 868-884 pemerintahan yang ditandai dengan kemerdekaan de facto. Sejarawan Al-Maqrizi daftar konstruksi awal masjid tanggal sebagai 876 AD, dan prasasti asli masjid slab mengidentifikasi tanggal penyelesaian sebagai AH 265, atau 879 AD.

Masjid tersebut dibangun di sebuah bukit kecil bernama Gebel Yashkur, "The Hill Thanksgiving." Salah satu legenda setempat mengatakan bahwa itu adalah di sini bahwa Bahtera Nuh datang untuk beristirahat setelah Air Bah, bukan di Gunung Ararat.

Masjid seremonial grand dimaksudkan sebagai titik fokus modal Ibnu Tulun, al-Qatta'i, yang berfungsi sebagai pusat administrasi untuk dinasti Tulunid. Masjid awalnya didukung oleh istana ibn Tulun, dan pintu yang berdekatan dengan mimbar memungkinkan dia langsung masuk ke masjid. Al-Qatta'i dijarah pada awal abad ke-10, AD, dan masjid adalah satu-satunya struktur yang masih hidup. Masjid tersebut dibangun dalam gaya Samarran umum dengan konstruksi Abbassid. Masjid ini dibangun di sekitar halaman, dengan satu ruang tertutup pada setiap dari empat sisi, yang terbesar adalah di sisi kiblat, atau arah ke Mekah. Masjid asli memiliki air mancur wudhu nya (sabil) di daerah antara dinding dalam dan luar. Sebuah sabil berbeda dengan kubah drum tinggi ditambahkan di halaman tengah pada akhir abad ketiga belas oleh Lajīn Sultan.
Menara spiral yang terkenal Masjid Ibnu Tulun.

Ada kontroversi signifikan tanggal pembangunan menara, yang dilengkapi dengan tangga luar heliks mirip dengan menara yang terkenal di Samarra. Hal ini juga mengatakan bahwa menggunakan tangga orang bisa memanjat kuda itu. Legenda mengatakan bahwa ibn Tulun sendiri sengaja bertanggung jawab untuk desain struktur: seharusnya sambil duduk dengan pejabat, ia melamun luka sepotong perkamen sekitar jarinya. Ketika seseorang bertanya apa yang dia lakukan, dia menjawab, malu, bahwa ia sedang merancang menara itu. Banyak fitur arsitektur, bagaimanapun, arahkan ke sebuah konstruksi kemudian, khususnya cara di mana menara tidak terhubung dengan baik dengan struktur masjid utama, sesuatu yang seharusnya dicegah memiliki menara dan masjid telah dibangun pada waktu yang sama. Arsitektur sejarawan Doris Behrens-Abouseif menegaskan bahwa Sultan Lajīn, yang memulihkan masjid di 1296, bertanggung jawab untuk pembangunan menara saat ini.

Masjid telah dipulihkan beberapa kali. Pemulihan pertama yang diketahui berada di 1177 di bawah perintah wazir Fatimiyah Badr al-Jamali, yang meninggalkan tulisan kedua slab di masjid, yang terkenal karena berisi versi Syi'ah dari syahadat tersebut, menambahkan frasa "Dan Ali adalah wali Allah "setelah mengakui keesaan Allah dan kenabian Muhammad. Sultan Lajīn restorasi terhadap 1296 ditambahkan beberapa perbaikan. Masjid yang terakhir dipulihkan oleh Mesir Supreme Council of Antiquities pada tahun 2004.

Selama periode abad pertengahan, beberapa rumah dibangun dinding luar masjid. Sebagian besar dihancurkan pada tahun 1928 oleh Komite untuk Konservasi Arab Monumen Namun, dua dari rumah tertua dan terbaik-diawetkan dibiarkan utuh. The "rumah wanita Kreta" (Beit al-Kritliyya) dan Beit Amna binti Salim, pada awalnya dua struktur yang terpisah, tapi sebuah jembatan di tingkat lantai tiga ditambahkan di beberapa titik, menggabungkan mereka ke dalam struktur tunggal. Rumah, diakses melalui dinding luar masjid, adalah terbuka untuk umum sebagai Museum Gayer-Anderson, dinamai RG umum Inggris 'John' Gayer-Anderson, yang tinggal di sana sampai 1942.

Masjid Mohammed Ali
Masjid Muhammad Ali Pasha atau Mesjid Alabaster ( bahasa Arab : مسجد محمد علي, Turki : Mehmet Ali Pasa Camii) adalah sebuah masjid terletak di Benteng Kairo di Mesir dan ditugaskan oleh Muhammad Ali Pasha antara 1830 dan 1848.

Terletak di puncak benteng, ini Ottoman masjid, yang terbesar akan dibangun pada paruh pertama abad 19, adalah, dengan animasi siluet dan kembar menara , terlihat masjid yang paling di Kairo . masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha , Muhammad Ali s 'anak tertua, yang meninggal pada 1816.

Masjid ini, bersama dengan benteng, adalah salah satu landmark dan atraksi wisata di Kairo dan merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota dari sisi mana pun.

S E J A R A H

Masjid tersebut dibangun di lokasi lama Mamluk bangunan di Kairo Benteng antara 1830 dan 1848, meskipun tidak selesai sampai pemerintahan Said Pasha pada tahun 1857. arsitek itu Yusuf Bushnak dari Istanbul dan model-nya adalah Yeni Masjid di kota itu. Tanah yang dibangun masjid dibangun dengan puing-puing dari bangunan sebelumnya Benteng.

Sebelum penyelesaian masjid, yang alabastered panel dari dinding atas dibawa pergi dan digunakan untuk istana Abbas I itu. dilucuti Dinding dilapisi dengan kayu yang dicat agar terlihat seperti marmer. Tahun 1899 masjid menunjukkan tanda-tanda retak dan beberapa perbaikan yang dilakukan tidak memadai. Namun kondisi masjid menjadi begitu berbahaya bahwa skema lengkap restorasi diperintahkan oleh Raja Fuad pada tahun 1931 dan akhirnya selesai di bawah Raja Farouk pada tahun 1939.

Muhammad Ali memilih untuk membangun masjid negaranya sepenuhnya dalam gaya arsitektur mantan tuan-nya, Ottoman , tidak seperti Mamluk yang, meskipun penyerahan politik mereka untuk Dinasti Utsmani, menempel di gaya arsitektur dari dinasti Mamluk sebelumnya.

masjid ini dibangun dengan kubah pusat dikelilingi oleh empat kecil dan empat kubah berbentuk setengah lingkaran. Itu dibangun dalam rencana persegi dan diukur 41x41 meter. Kubah pusat adalah 21 meter dengan diameter dan ketinggian bangunan adalah 52 meter. Dua silinder elegan menara tipe Turki dengan dua balkon dan topi kerucut terletak di sisi barat masjid, yang naik sampai 82 meter.

Penggunaan gaya ini, dikombinasikan dengan kehadiran dua menara dan multiple setengah-kubah yang mengelilingi kubah pusat - fitur yang disediakan untuk masjid yang dibangun pada kewenangan Sultan - adalah menantang deklarasi kemerdekaan de facto Mesir.

Bahan utama adalah batu kapur tapi lantai bawah dan halaman depan adalah keramik dengan alabaster sampai 11,3 meter. Bagian depan eksternal parah dan sudut dan meningkat sekitar empat lantai sampai tingkat kubah timbal-tertutup.

Ini mihrab di dinding tenggara adalah tiga lantai tinggi dan ditutupi dengan kubah setengah lingkaran. Ada dua arkade di lantai kedua, naik pada kolom dan ditutup dengan kubah. Walaupun terdapat tiga pintu masuk pada setiap sisi halaman depan itu, entri biasa adalah melalui pintu gerbang timur laut. halaman depan Langkah-langkah 50x50 meter. Hal ini tertutup oleh riwaks melengkung naik di pilar-pilar dan ditutup oleh kubah.

Ada jam kuningan menara di tengah riwak barat laut, yang disampaikan kepada Muhammad Ali oleh Raja Louis Philippe dari Perancis pada tahun 1845. Jam itu membalas dengan tugu dari Luxor sekarang berdiri di Place de la Concorde di Paris .

Interior memiliki ukuran 41x41 meter dan memberikan perasaan besar ruang. Penggunaan dua tingkat kubah memberikan rasa jauh lebih besar ruang dari sana sebenarnya. Kubah pusat naik pada empat lengkungan berdiri di dermaga kolosal. Ada empat kubah berbentuk setengah lingkaran di sekitar kubah pusat. Ada empat kubah yang lebih kecil di sudut juga. Kubah yang dicat dan dihiasi dengan motif lega. Dinding dan pilar yang ditutupi dengan alabaster hingga 11 meter.

Muhammad Ali Pasha dikuburkan dalam sebuah makam diukir dari marmer Carrara , di halaman masjid. Tubuhnya dipindahkan ke sini dari Hawsh al-Basha pada tahun 1857...

0 komentar:

Posting Komentar

dofollow blog

 

Jayalah Indonesiaku © 2010 INFO SERU
cydo (R-c initiaL) Template design by xxx from mdo